MANAJEMEN PEMASARAN

Menurut Para Ahli :

  • Shiffman dan Kanuk (2000)
  • Pengertian perilaku konsumen menurut Shiffman dan Kanuk (2000) adalah “Consumer behavior can be defined as the behavior that customer display in searching for, purchasing, using, evaluating, and disposing of products, services, and ideas they expect will satisfy they needs”. Penertian tersebut berarti perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkan dapat memuaskan konsumen untuk dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Loudon dan Della Bitta (1993)
  • “Consumer behavior may be defined as the decision process and physical activity individuals engage in when evaluating, acquiring, using, or disposing of goods and services”. Dapat dijelaskan perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik individu-individu yang semuanya ini melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, menggunakan, atau mengabaikan barang-barang dan jasa-jasa.
  • Loudon dan Della Bitta (1993)
  • Ebert dan Griffin (1995)

consumer behavior dijelaskan sebagai: “the various facets of the decision of the decision process by which customers come to purchase and consume a product”. Dapat dijelaskan sebagai upaya konsumen untuk membuat keputusan tentang suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi.

2. Elemen Pemasaran

Ada beberapa elemen pemasaran dan berbeda-beda pengertiannya, namun secara umum, elemen pemasaran yang paling populer adalah 4P (Product, Promotion, Place, Price) . 4P adalah suatu strategi pemasaran yang dikemukakan oleh Philip Kotler, salah satu pakar dalam dunia marketing.

Penjelasan mengenai 4P berserta contohnya dapat dilihat dibawah ini :
1. Product (Produk)

Darimana keuntungan didapat tanpa menjual suatu produk ? produk merupakan sesuatu yang dihasilkan dari kerja keras suatu perusahaan untuk dijual kepad pelanggan.

Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide. Seperti Yamaha Indonesia yang menghasilkan produk-produk mulai dari motor bebek seperti Mio, Xeon serta motor bebek seperti Jupiter Z dan Jupiter MX serta motor sport seperti V-Ixion. Sesuai dengan perkembangan jaman , maka produk-produk tersebut harus di update demi mendapatkan selera baru dari pelanggan.

2. Price (Harga)

Siapa yang mau membeli suatu produk jika harganya terlalu mahal ? meskipun produknya sudah terbilang bagus tapi konsumen akan kebih pintar memilih ketimbang para sales yang membujuk mereka.bisa jadi pelanggan akan berpaling ke lain merek jika harganya tidak sesuai. Harga merupakan salah satu sumber penghasilan yang diandalkan suatu perusahaan demi mecapai target profit mereka.

Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.

Penetapan harga merupakan suatu masalah jika perusahaan akan menetapkan harga untuk pertama kalinya. Ini terjadi ketika perusahaan mengembangkan atau memperoleh produk baru, ketika akan memperkenalkan produknya ke saluran distribusi baru atau daerah baru, ketika akan melakukan penawaran atas suatu perjanjian kerja baru. Perusahaan dapat menempatkan produknya di tengah pasar atau pada tiga tingkat di atasnya atau tiga tingkat di bawahnya.

3. Place (Tempat atau Distribusi)

Tepat adalah salah satu faktor terpenting dalam menjual suatu produk. Jika produknya dan harganya sudah cocok, belum tentu produk itu mudah dijual bilamana lokasi penjualannya sulit dijangkau konsumen. Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ialah sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.

4. Promotion (Promosi)

Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.
Menurut Kotler (2000:658) dalam mengembangkan program periklanan, manajer pemasaran harus selalu memulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli.

3. Strategi Produk

Menurut kami (Rizky YM & Taufik YP)

  • · Strategi produk adalah cara-cara yang diterapkan dalam pemasaran agar produk tersebut dapat ditermia dengan baik oleh konsumen. Maka dari itu agar konsumen menerima dengan baik produk tersebut, perlu dilakukan riset pasar agar dalam marketing dapat diketauhi produk seperti apa yang sekarang disukai konsumen. Dengan begitu manajemen akan membuat produk yang sesuai dengan selera kebanyakan konsumen saat ini.
  • · Salah satu kunci pemasaran 4P adalah Promosi, sebagus apapun produknya, tanpa promosi yang baik sangatlah susah manajemen untuk mendapatkan benevit penjualan karena produk mereka tidak diketauhi masyarakat. Maka dari itu dilakukanlah promosi. Promosi bisa dilakukan dengan cara melalui media cetak, elektronik, televise, radio, internet dan cara-cara promosi lainnya.
  • · Dalam strategi memasarkan suatu produk, pastiya dipertimbangkan hal-hal yang mendasari produk itu diterbitkan atau tidak. Produk diterbitkan untuk dipasarkan harus memenuhi kualisifikasi tertentu dan sesuai dengan yang dicari oleh masyarakat. Contoh kesesuaiannya misalnya produk tersebut memiliki model yang lagi trend, lebih tipis, memiliki keterbaruan dari sisi teknologi, lebih baik dari produk lain, unik, awet, dan lain sebagainya. Intinya untuk mengetauhi apa yang diinginkan calon pelanggan, manajemen harus melakukan riset pasar.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran merupakan cara pemasaran untuk membidik pasar yang benar dengan cara promosi dan menjelaskan produk serta melakukan persuasif kepada calon konsumen bahwa produk yang dipasarkan merupakan produk terbaik. Strategi persuasif dilakukan agar calon konsumen yakin atas produk yang mereka inginkan. Salah satu bentuk promosinya berawal dari desain produk, model pada iklan produk, cara pengiklanan, dan kata-kata dari iklan tersebut (biasanya bersifat persuasif).

Segmen pasar menjadi acuan dan tujuan utama dari produk yang ditawarkan melalui periklanan. Oleh karena itu dalam merancang desain periklanan harus memahami dan mengenal apa yang terjadi di pasar sebagai tempat pelemparan produk. Menurut Philip Kotler (1990: 164-174), segmentasi pasar adalah memilah-milahkan suatu pasar yang luas ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan faktor geografi, demografi, psikologi, dan behavioristik.

Macam-macam definisi komunikasi pemasaran dari para ahli :

Delozier.1976:168

  • · Komunikasi pemasaran merupakan suatu dialog yang berkesinambungan antara pembeli dan penjual dalam suatu segmen pasar. Hal ini menekankan informasi ke dua arah dan persuasi yang menunjang proses pemasaran agar berfungsi secara lebih efektif dan efisien (Nickles.1984:7).

Kotler.1989:40-46

  • · menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran merupakan proses pengolahan, produksi, dan penyampaian pesanpesan melalui satu atau lebih saluran kepada kelompok khalayak sasaran, yang dilakukan secara berkesinambungan dan bersifat dua arah dengan tujuan menunjang efektivitas dan efisiensi pemasaran suatu produk.

Referensi :

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Terj. Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli, Jakarta:

Prenhallindo, 1998.

Bahan pembelajaran mata kuliah Sistem Informasi Manajemen tentang strategi marketing 4P (Product, Promotion, Place, Price)

Perihal putraobed
seorang mahasiswa dari Medan yang kuliah di IT Telkom Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: